Sabtu, 15 Desember 2012

Pin It

Subsidi BBM diganti Transfer Tunai .... ?


Anggota DPR: Saatnya Subsidi BBM Diganti Transfer Tunai
detikfinance
Kamis, 13/12/2012 16:25 WIB

Jakarta - Besarnya jumlah subsidi BBM yang mencapai hampir Rp 200 triliun per tahun terus membebani keuangan negara.

Pola subsidi berbasis barang (BBM) kerap tidak tepat sasaran membuat beberapa pihak meminta subsidi BBM dicabut dan dialihkan ke sektor lain. Salah satunya dengan cara cash transfer atau transfer tunai.

Anggota Komisi VII DRP Fraksi Partai Golkar, Satya W Yudha, mengatakan dengan memberikan masyarakat BBM subsidi tidak semua masyarakat terutama masyarakat miskin menerima manfaat ratusan triliun subsidi BBM.

"Karena subsidi BBM nyata tidak tepat sasaran, banyak dinikmati orang mampu dan kaya. Sudah tidak tepat sasaran subsidi yang diberikan membebani keuangan negara,” kata Satya di Jakarta, Kamis (13/12/2013).

Dikatakan Satya, untuk itu pihaknya meminta Pemerintah saat ini merubah paragidma pemberian subsidi tidak lagi melalui BBM namun subsidi langsung melalui mekanisme cash transefer.

"Cash transfer bukanlah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang secara politis sudah dicap jelek," kata Satya.

Tapi Cash Transfer ini kata Satya, sejumlah dana yang diberikan kepada pemerintah namun melalui transfer rekening bank. “Jadi sejumlah dana diberikan pemerintah yang berasal dari peralihan subsidi BBM ke cash transfer ke masyarakat melalui bank, kalau lewat bank-kan jelas datanya, siapa pemilik rekeningnya, kalau penerima cash transfer meninggal dunia kan sudah tidak bisa diwakilkan orang lain,” jelas Satya.

Dengan sistem tersebut jelas, bahwa penerima cash transfer benar-benar yang benar berhak atas subsidi. “Penerima cash transfer memang benar-benar masyarakat yang berhak penerima subsidi, tidak seperti saat ini, dengan subsidi BBM membuat seluruh masyarakat baik kaya maupun miskin menerima subsidi, tapi masyarakat miskin yang tidak punya kendaraan tentunya tidak menikmati subsidi itu," jelasnya.

Nantinya kata Satya dari peralihan subsidi BBM ke subsidi langsung melalui cash transfer tersebut pemerintah tinggal mematok harga BBM. “Jadi pemerintah tinggal patok harga BBM, subsidi BBM dialihkan menjadi cash transfer," tandas Satya

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com