Sabtu, 15 Desember 2012

Pin It

Berakhirnya Era Upah Murah


Sofjan Wanandi 'Sentil' SBY Soal Pernyataan Berakhirnya Era Upah Murah
detikfinance
Kamis, 06/12/2012 13:07 WIB

Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyayangkan sikap pemerintah yang disampaikan Presiden SBY mendukung berakhirnya upah murah di Indonesia. Sofjan beralasan masih banyak penduduk Indonesia yang belum bekerja.

"Pemerintah menyatakan kita bukan lagi tempat buruh murah, itu bagus, tapi jangan sekarang, ini masih banyak yang tidak kerja," katanya di acara HSBC Economic Outlook 2013, Ballroom Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (6/12/2012).

Menurut Sofjan, pemerintah seharusnya menyadari keadaan buruh-buruh di Indonesia yang masih tidak memiliki skill sehingga wajar jika dibayar murah.

"Buruh itu ada yang mahal dan ada yang murah, ini sesuai kemampuan. Kalau nanti dicap mahal, maka siapa yang mau masuk, paling yang padat modal, padahal ini tidak menyerap tenaga kerja yang besar," tandasnya.

Sebelumnya Presiden SBY menyatakan dirinya mendukung kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang terjadi di beberapa daerah, termasuk Jakarta yang naik menjadi Rp 2,2 juta per bulan. Era buruh murah telah usai.

Hal ini disampaikan oleh SBY saat memberikan pengarahan di hadapan para Gubernur, Pangdam, Kapolda, Bupati, Walikota, yang dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, termasuk para anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), di Jakarta, Jumat (30/11/2012).

"Saya ingin sampaikan sekali. Posisi pemerintah jelas, upah dan kesejahteraan buruh harus semakin meningkat dan benar-benar makin layak. Itu kewajban moral. Era buruh murah dan tidak mendapatkan keadilan sudah usai. Kita berangkat dari situ," tegas SBY.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com